Tuesday, May 20, 2014

AWAL MULA KERAJAAN DEMAK

AWAL MULA KERAJAAN DEMAK
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEivBTaHM6uh0vXACbJvkVVFDx8MfwwFnxcvPUI5GHYey5LWKk6O9VeNz-vlXMLslPzqyswD9rv09rqNjq00_Vqy5Pg3_eKDoNJLGaAMZ9Zu65H0Mq4-2i1fWBmY89yC-bZgFXaxqDqqslky/s320/peta+kerajaan+demak.gif
Kerajaan Islam yang pertama di Jawa adalah Demak, dan berdiri pada tahun 1478 M. Hal ini didasarkan atas jatuhnya kerajaan Majapahit yang diberi tanda Candra Sengkala: Sirna hilang Kertaning Bumi.
Kerajaan Demak itu didirikan oleh Raden Patah. Beliau selalu memajukan agama islam di bantu oleh para wali dan saudagar Islam.
Raden Patah nama kecilnya adalah Pangeran Jimbun. Menurut sejarah, dia adalah putera raja Majapahit yang terakhir dari garwa Ampean, dan Raden Patah dilahirkan di Palembang. Karena Arya Damar sudah masuk Islam maka Raden Patah dididik secara Islam, sehingga jadi pemuda yang taat beragama Islam.
Setelah usia 20 tahun Raden Patah dikirim ke Jawa untuk memperdalam ilmu agama di bawa asuhan Raden Rahmat dan akhirnya kawin dengan cucu beliau. Dan akhirnya Raden Patah menetap di Demak (Bintoro).
 Pada kira-kira tahun 1475 M, Raden Patah mulai melaksanakan perintah gurunya dengan jalan membuka madrasah atau pondok pesantren di daerah tersebut. Rupanya tugas yang diberikan kepada Raden Patah dijalankan dengan sebaik-baiknya. Lama kelamaan Desa Glagahwangi ramai dikunjungi orang-orang. Tidak hanya menjadi pusat ilmu pengetahuan dan  agama, tetapi kemudian menjadi pusat peradagangan bahkan akhirnya menjadi pusat kerajaan Islam pertama di Jawa.
Desa Glagahwangi, dalam perkemabangannya kemudian karena ramainya akhirnya menjadi ibukota negara dengan nama Bintoro Demak.


( sumber: http://noviapingkanita.blogspot.com/ )
Alvin Wilbert X IPS

1 comment: