Friday, May 9, 2014

Nama: Safira Hira K
Absen: 34

6 Cara Penyebaran Agama Islam di Indonesia

Menurut sumber yang saya baca, yaitu buku Sejarah Indonesia untuk SMA/MA kelas X yang ditulis oleh Ratna Hapsari dan M. Adil, ada 6 Cara penyebaran agama islam di Indonesia yakni:
1. Perdagangan
2. Perkawinan
3. Pendidikan
4. Tasawuf
5. Dakwah
6. Kesenian
Penyebaran agama islam yang dilakukan dengan cara damai dapat terlihat dari cara-cara penyebarannya berikut akan saya bahas cara-cara penyebaran tersebut.

1.   Perdagangan
Menurut Tome Pires, berkisar abad ke-7 sampai dengan abad ke-16 jalur perdagangan di Indonesia cukup ramai. Pada proses perdagangan ini, pedagang-pedagang islam yang berasal dari Gujarat dan Timur Tengah bertukar budaya. Dikarenakan mereka singgah di Indonesia (khususnya daerah pesisir).

Pada saat itulah mereka menyebarkan agama islam. Darihal tersebut menjelaskan bahwa daerah pesisiradalah daerah pertama yang terkena penyebaran agama islam dan kerajaan-kerajaan islam di Nusantara selalu berawal dari pesisir.

2.   Perkawinan
Para pedagang tersebut juga menikah dengan penduduk sekitar, bangsawan, bahkan anggota keluarga kerajaan.
Salah satu contoh atau bukti dari perkawinan ini adalah Sunan gunung jati yang merupakan anak dari Rara Santang (putri dari Prabu Siliwangi) dengan Syarif Abdullah (Mubaligh keturunan Arab).


3. Pendidikan
Perkembangan islam yang meluas menyebabkan munculnya para mubaligh dan ulama. Para mubaligh dan ulama tersebut mendirikan pondok-pondok pesantren, di pondok pesantren ini banyak para santri dari berbagai daerah menimba ilmu tentang islam di tempat ini. Contohnya adalah Pesantren Ampel Denta yang terletak di Surabaya (didirikan oleh Sunan Ampel) dan Pesantren Sunan Giri yang terletak di Surabaya (didirikan oleh Sunan Giri).


    

Pesantren Ampel Denta















Giri Kedaton
Sumberwww.berita86.com                    








4.    Tasawuf
Tasawuf adalah suatu ajaran ketuhanan yang bercampur dengan ilmu magis. Seorang ahli tasawuf biasanya memiliki keahlian dalam bidang pengobatan. Ajaran ini banyak dijumpai pada cerita hikayat. Tasawuf berkembang cepat di pulau Jawa dikarenakan pola pikir masyarakat masih berorientasi agama Hindu. Tokoh-tokoh tasawuf yang terkenal diantaranya adalah Hamzah Fansuri, Syamsudin as Sumatrani, Nurrudin ar Raniri, Sunan Bonang, Syekh Siti Jenar.


5.    Dakwah
Pada penyebaran agama islam di Indonesia dakwah dilakukan oleh para wali yang dikenal dengan nama Walisongo. Para wali tersebut diantaranya adalah Maulana Malik Ibrahim, Sunan Gunung Jati, Sunan Ampel, Sunan Giri, Sunan Bonang, Sunan Kudus, Sunan Kalijaga, Sunan Muria, dan Sunan Drajad.


6.  Kesenian
Beberapa bentuk kesenian yang digunakan sebagai media dalam penyebaran agama islam contohnya seperti wayang (oleh Sunan Kalijaga), gamelan (oleh Sunan Bonang), kaligrafi (oleh Sunan Kalijaga) dan gending (lagu-lagu) berisi syair-syair nasehat dan dasar-dasar ajaran islam. Seni sastra juga berkembang seperti buku tentang tasawuf, hikayat, dan babad.








                    

No comments:

Post a Comment